Tuesday, January 27, 2009

Kehebatan Duren




Buah apa yang paling heboh? Harusnya jawabannya adalah DUREN. Hotel-hotel di seluruh penjuru dunia, bahkan di Thailand yang terkenal dengan duren monthongnya, melarang tamu-tamunya membawa duren ke kamar. Penyebabnya karena 'orang barat' alergi sekali dengan buah ini. Bisa muntah mereka hanya karena mencium baunya.

Nggak cuma bikin heboh di luar negeri. Di dalam negeri duren juga bisa buat masalah. Pesawat Mandala yang jatuh di Medan 2005 lalu juga katanya celaka karena kebanyakan membawa duren di dalam badannya. Wallahualam…

Tapi kalau dipikir-pikir, reputasi jelek duren sudah selesai sampai di situ aja. Ibaratnya, kalau MUI ditanyai pendapatnya, mereka akan bilang “Bismillah… demi kebaikan umat kami menyatakan bahwa duren lebih banyak manfaatnya daripada mudaratnya.”

Duren adalah buah idola. Setidaknya di Indonesia. Jika sudah ngomongin duren, obrolan bisa makin seru.

“Eh lo kalo beli duren yang baunya begini, tau. Trus durinya kalo diketok-ketok harus bunyi begini. Kalo mau dapet yang enak, lo harus makan di tempat jualannya, jadi gak bakal ditipu dapet yang pahit. Trus kalo di tempat jualnya ada banyal bekas-bekas kulit duren berarti banyak tuh yang beli di situ. Berarti pada manis-manis dan gak mahal harganya. Nah trus biar gak mabok duren, abis makan lo minum air deh pake wadah ruas duren yang lo makan. Bla… bla… bla..”

Coba, apakah buah rambutan, pisang atau anggur dan apel yang juga lumayan mahal bisa melakukan hal yang sama? Nggak kayaknya ya, bow.

Kehebatan durian tak hanya sampai di situ. Saking cintanya sama duren, orang zaman dulu yang suka bikin pribahasa sampai rela memaksakan diri dan bikin kita di zaman modern ini bingung. Dia mempribahasakan ‘mendapat untung mendadak’ dengan ‘bagaikan tertimpa durian runtuh.’ Padahal kan bisa mampus, tuh…

4 comments:

chaplin-putra said...

Duren emang dicari dan disukai... contohnya Duda Keren alias Duren. hehehe

Bekasoy said...

mas chaplin suka cari duda keren?

ASAZ said...

Makanya yang benar itu bukan Duren(duda keren) tapi Durian. Maaf ya bukan menggurui gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar!

Bekasoy said...

gak mau ah, duren aja